Thursday, December 29, 2016

6 Tahun.


Yes. Blog ini resmi bertambah tua, selamat ulang tahun! 

Gue merasa beruntung udah mengenal dunia blogging 6 tahun lamanya. Beberapa tahun lalu saat orang-orang sibuk nulis status facebook, sibuk berkicau di twitter, sibuk reblog foto di tumblr, dsb, gue tetep memilih blog sebagai sarana untuk menuangkan semua yang ada di dalam pikiran. You may say that I’m really proud to be a blogger.

Banyak hal yang gue laluin sama blog ini;
Dari url-nya lovelypandaz sampe ayeayas
Dari tulisannya alay penuh singkatan sampe (lumayan) normal
Dari desain ala kadar sampe gue rombak abis-abisan
Dari sok inggris super ngaco sampe balik ke bahasa indonesia ala-ala
Dari gue sd sampe beberapa bulan lagi gue lulus
Dari yang semangat ngepost di tahun kedua sampe berdebu di tahun keenam
Dan masih banyak lagi.

Kalo kalian perhatiin, desain blog ini mengalami sedikit perubahan. Terutama dari yang paling mencolok yaitu headernya. Kemaren gue iseng aja bikin desain baru, dan inilah hasilnya:

now

then

What do you think? Eheheheheheheh.

Mungkin sebagian dari kalian bakal nanya “yas kenapa sih tiap anniv selalu ngasih hadiah header? yang lain gitu kek.” Hahah sebenernya di taun ke-enam ini gue gada rencana buat bikin header baru, tiba-tiba aja gue iseng ngeliat corel draw nganggur terus yaa coba-coba gitu. Dan entah kenapa, ketika gue ga maksain diri sendiri buat bikin header, justru gue merasa lebih puas sama hasilnya. Catet baik-baik guys, segala sesuatu yang dipaksain gabakal seindah yang ngalir apa adanya. Tsah.



Gadeng. Gue bukan anak bertangan seni, header gue yang sekarang pun masih sama aja kayak yang sebelum-sebelumnya. Bahasa jaman sekarangnya tuh biasa b. Header gue yang sebelumnya gue kasih sebutan ‘Header Bubble’ sedangkan header sekarang gue namain ‘Header 2k17’. Yes beybih, i cant wait to see what 2017 brings to me. Wekwek. Gue suka sama header gue yang sekarang soalnya lebih simpel, tapi tetep mencolok di warna birunya. Slogan gue sebenernya masih ‘i write to express, not to impress’ tapi untuk kali ini kalimat tadi ga gue taro di header, gue ganti jadi ‘sebuntel pribadi yang absurd dan doyan jumpalitan’. Terus disitu ada bulet-bulet warna item kayak kepala beruang, itu maksudnya kepala panda. Garis biru di bawah tulisan ‘ayaszki’ itu ngelambangin ombak laut, kalo kalian kenal gue pasti langsung bisa nebak sendiri apa maksudnya. Dan yang panjang-panjang di sebelah kanan itu bentuk absurd dari logo Pentatonix, jauh banget sih sebenernya, tapi iyain aja ya. He. He.
bahkan lebih tua blog gue daripada pentatonix

‘Yas kok headernya polos doang sih, ga ada gambar-gambar ngelink yang bisa diklik kayak dulu?’

Jadi tuh laptop gue beberapa waktu lalu error gitu windowsnya akhirnya harus diinstall ulang. Alhasil, software yang ada di laptop gue ilang semua, termasuk adobe dreamweaver yang biasa gue pake buat bikin header ngelink. Gue gamau lagi ngambil resiko semua browser kena malware-full-of-popped-up-ads jadi ga gue install ulang deh dreamweavernya. Huhu im gonna miss you, header ngelink. :’)


M y  w h o l e  l i f e  I s  a  l i e
Tau ga sih, sampe beberapa menit lalu gue nulis postingan ini gue masih yakin kalo anniversary blog gue itu tanggal 24 desember. Telat 5 hari, tapi yaudahlah ya. Terus gue iseng ngeliat daftar postingan-postingan gue jaman dulu, dan inilah yang gue dapet:


Disitu gue langsung bingung loh kok 29 desember sih?!

Setelah bertapa dan mencari wangsit bersama master shifu akhirnya gue pun tau kenapa selama bertahun-tahun gue bilang bahwa blog ini lahir tanggal 24 desember:

post pertama

TUH. Angka 9-nya kayak 4, gue ga salah kan berarti?:( Selama ini gue jarang ngeliat tanggal dari daftar post, jadinya gasadar kalo tanggal terbentuknya blog ini 29, bukan 24…………… Ah jimayu. Well, hal ini termasuk berita baik juga untungnya. Karena sekarang pas banget tanggal 29, dan TEPAT ((ga salah tanggal lagi)) enam tahun lalu blog ini brojol, yay! Sekali lagi selamat ulang tahun, my blog. x


Dan yang terakhir, a fresh start!

Sepanjang tahun 2016 ini banyak orang bertanya-tanya ‘is blogging dead?’ Walaupun bukan blogger yang pro, tapi isu ini cukup bikin gue ngerasa sedih. Jawaban sebenernya itu tidak. Dunia blogging sama sekali ga mati, melainkan berkembang karena banyak banget platform yang makin booming kayak youtube, instagram, snapchat, dll yang bikin orang-orang secara ga sadar udah ngelakuin kegiatan blogging dengan cara yang berbeda. Namanya jaman terus berkembang, mau ga mau kita harus tetep follow up, ga berarti kita harus selalu berpedoman sama trend terus panjat sosial gitu ya. Bukan itu maksud gue. Intinya, sekarang udah banyak media untuk mengekspresikan diri, semua pilihan ada di tangan kalian mau milih media dan platform yang mana. Tapi gue yakin untuk satu dan lain hal pasti orang-orang masih membutuhkan blog-yang-sebener-benernya-blog untuk mendapat informasi dan sebagainya, itu semua balik lagi apakah para blogger di jaman sekarang bisa memberi konten yang terbaik dan bermanfaat biar menarik pembaca. Kalo mau meninggalkan blog juga monggo, gaada yang larang. Loh kok gue jadi ceramah ya wkwk.


sumber

Gue inget banget 3 tahun lalu gue pernah nulis di page ‘Introduction’ kalo salah satu impian gue itu punya vlog, sayangnya gue ga punya peralatan dan kepedean memadai. Dan sekarang, menjelang tahun 2017, bisa kalian liat sendiri betapa vlog booming banget di kalangan content creator youtube, jaman sekarang kalian juga ga bakal aneh kalo ngeliat orang di mall ngomong-ngomong sendiri ke kamera. Whoa. So many things had changed in only 3 years. Saran gue sih ikutin aja alurnya, dan gausah mikir dua kali kalo emang kalian tiba-tiba kejatohan ide yang out of the box. Entar nyesel loh. Sabodo teuing it’s now or never.

Gue pribadi belom tau gimana rencana gue sama blog ini kedepannya. Yang pasti gue udah ada niat untuk bikin a fresh start, doain aja ya bloggie. Doain juga semoga tahun depan gue bisa ngelanjutin kuliah di PTN. Aamiin.


Sekian dari Ayas, bhay.

No comments:

Post a Comment