Thursday, May 7, 2015

Umur Gue 19!

Iya, 19 tahun.

Gue ga salah tulis kok.

Yes, yes, gue emang kelahiran 1999.

He’eh, gue juga tau kalo 2015 – 1999 = 16.

Tapi bukan, itu bukan angka 16 tahun dibalik.



Nah loh, terus?


Semua itu berkat website ini:



Sesuai namanya, how-old.net tuh fungsinya buat nebak umur. Kita tinggal upload foto abis itu website ini bakal nge-analize jenis kelamin + umur orang yang ada di foto tersebut. Mbah google bilang kalo how-old.net baru dirilis sama microsoft minggu-minggu ini, and katanya sih mereka ngebikin website ini because they wanted to created an experience that was intelligent and fun could capture the attention of people globally. Hm, emang suka kocak sendiri sih pas ngeliat hasil tebakannya, apalagi kalo melenceng jauh dari umur yang sebenernya. Yang tadinya 12 malah keliatan kayak 20 tahun, yang 28 malah dibilang 14, daaann seterusnya.

Kakak gue tau tentang website ini karena lagi ngehits di path katanya, nah kalo gue sendiri baru taunya setelah my master Benakribo ngeshare fotonya di instagram.

senyum pepsodent

Tuh, hebat banget kan? Bang bena dari yang aslinya 25 tahun bisa mental jauh jadi 10 tahun. Seketika itu juga gue langsung selfie biar hasilnya aktual & tanpa editan putih pale ala ala vsco terus ngeupload fotonya, dan ternyata…………….

#absurdselfie
N.B: Ayas tidak bertanggung jawab jika mata kalian keseleo pas ngeliat foto di atas.

W o w, umur gue 19! Ga kaget sih gue ngeliat hasilnya, tapi dari situ gue semakin belajar untuk nerima fakta kalo:

identitas pelaku disamarkan demi kepentingan privasi.

Abis itu gue nyoba make foto yang ada di gallery, ini hasilnya:

iya, kalo yang ini emang udah difilter fotonya.

Berkat foto ini juga gue dapet satu fakta lainnya; ternyata dalam beberapa bulan setelah gue merasakan dunia SMA yang tidak ringan, muka bisa berubah banyak. Dari yang komuk, bisa menjadi semakin rembes [di balikpapan, rembes = komuk] + absurd. Nasib? Iya.

Kadang gue suka heran sendiri sih sama cara kerja website ini, soalnya beda ekspresi aja bisa langsung beda tebakan umurnya. Malahan, gue pernah iseng nge-mirror foto yang plek sama persis, tapi taunya jadi lebih tua setaun dari tebakan yang sebelumnya.

sumber gambar: azka 'akaq' salsabila

Terus nih, pas gue ngestalk ig orang-orang yang ngeupload screenshot how-old.net, masih aja gue nemu comment kayak gini:

‘Ini pake app apa sih?’
‘Edit foto ginian dimana sih?’
‘Kok bisa gitu gimana caranya? Siapapun bantu jawab dong’
‘Lucu deh fotonya. Ayo sist dicek ig kita, jual deodoran aroma cempedak’

Dan masih banyak lagi. I mean, seriously, kan di screenshotnya udah ada bacaannya lah ngana ngain nanya lagi. Ibaratnya udah kayak murid yang namanya udah jelas-jelas nongol di tempelan kertas di pintu, tapi masih aja berkoar ‘aaaa help me, cariin ruang ujian gue dong ;(‘. Ya kecuali kalo fotonya udah dicrop kayak bang bena tadi, itu masih bisa dimaklumin kalo gatau. Ah, yasudahlah, bertanya itu kan hak setiap orang. Mungkin ia terlalu lelah buat ngebaca tulisan di foto/di captionnya.

Intinya, have fun itu perlu, kurangin baper juga perlu. Salah satu cara ngukurnya ya bisa dengan website ini. Kalo lo dapet hasil 32 tahun padahal umur aslinya 15 tahun, terus abis itu lo malah mewek meraung seharian, artinya lo baper pake binggow. Kalo reaksi lo cuma santai aja dan dibawa fun, berarti self esteem lo udah bagus dan ga mudah goyah cuma karena pendapat ‘orang lain’ yang belom tentu sesuai fakta.

Saran gue sih, lebih bagus lagi kalo tebakan umur yang melenceng itu lo jadiin doa buat diri sendiri. Kalo lebih muda ya anggep aja itu doa biar awet muda, kalo lebih tua ya anggep aja itu doa biar panjang umur and bisa ngerasain kehidupan di usia yang ‘ditebak’ sama website tadi. #ayasedisibijak

“Age is just a number, what comes from within and how you act towards things is the true meaning of age.” -Unknown


Sekian dari Ayas, gbye!

No comments:

Post a Comment