Sunday, December 15, 2013

Pengalaman Ikut Pentas PAI '13 [Part 1]

Hai! Udah pada selesai uas kan? Selamat menunggu hasil raport yaa *sok siap padahal ngga wkwk* Sekarang gue mau berbagi cerita nih waktu gue ikut lomba cerdas cermat pai dari tingkat gugus sampe ke tingkat nasional, hoho. Hah beneran yas? Pasti dalem mimpi ya lombanya? Ya beneran lah bloggie, jadi baca terus yap sampe abis!

Sebenernya gue udah pengen ngepost ini dari setaun berminggu-minggu yang lalu, tapi baru sempet sekarang soalnya sibuk sama ulangan dll huhu jadi mohon maklum yaa *alesan*. Pertama-tama gue kenalin dulu ya lomba apa yang gue ikutin, gue diutus sekolah buat ikut lomba cerdas cermat pai di event yang namanya PENTAS PAI alias Pekan ……………. apaya?-_- *brb cek buku pedoman* *balik lagi* Nah, akhirnya gue inget. Pentas PAI itu singkatan dari “Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam”, acara ini dibuat sama kementerian agama RI & direktorat agama islam dkk lah pokoknya sejenis itu gue juga ga mikirin ngerti banget sama pembuat lomba ini. FYI, Pentas PAI ini udah nyampe tahun ke-6 loh! Di acara ini ga cuma lomba cerdas cermat, ada juga lomba-lomba lain kayak kaligrafi, pidato, mtq, nasyid, debat, busana muslim, dll yang bisa diikutin di tingkat SD, SMP, maupun SMA/SMK. Gue sendiri seumur idup baru tau sekarang kalo ada event bernama pentas pai ini dan alhamdulillah banget gue masih dikasih kesempatan buat wakilin sekolah ikut lomba cerdas cermat pai, yaa secara gue udah kelas 9 dan saat gue sma nanti gabakal ada lagi lomba cerdas cermat pai sampe tingkat nasional begini.


Yang diutus sama sekolah buat ikut lomba ini ada 3 orang, yaiyalah namanya juga cerdas cermat kan gamungkin 10 orang. 3 orang itu adalah Amanda (kelas 7), Syifa (kelas 8), sama……….. hayo tebak kira-kira siapa?? Udah ada jawabannya belom? Kalo gatau ya gue kasih tau aja kaliya biar cepet, satu lagi itu adalaah *jeng jeng jeng* gue! *krik* Yaudahlah ya intinya dari setiap tingkat kelas di sekolah gue dipilih satu sama guru gue jadi biar saling melengkapi gituloh kelas 7-8-9 :3 *apasih* *sotoy*

Pertama banget yang gue ikutin itu di tahap gugus. Di tahap ini sekolah-sekolah di gugus 6 berusaha buat bisa ngewakilin gugus ini maju ke tingkat se-kota Tangerang Selatan. Jadi tuh istilahnya gue masih cuma ngebawa nama sekolah di tingkat ini. Lombanya berlangsung hari Senin, 30 September 2013 di SMPI Cikal Harapan BSD. Waktu itu tuh dari sekolah gue dikirim beberapa orang buat ikut lomba cerdas cermat (gue, syifa, amanda), kaligrafi (azka —sahabat gue), pidato (denish –kelas 7), dan mtq (ahmad –kelas 7). And you know what, kita dateng telat waktu itu dan disaat peserta cerdas cermat sekolah lain pada sibuk baca buku alias belajar, gue-syifa-manda malah ngerumpi coba-_- Wkwkwk saat itu kita emang sama sekali gaada persiapan, terus pas giliran kita maju ya kita santai-santai aja. Di pikiran kita saat itu cuma satu: “bisa menang aja alhamdulilah, apalagi lawannya pake ada Al-Azhar sama SMPN 11 lagi hm berat-berat ya……” Mana tim gue kebagian lawan Al-Azhar ternyata, tapi ya bismillah aja deh yang penting mencoba yang terbaik. Dan,,,,,akhirnya kita lolos penyisihan yay! Nah di finalnya kita harus lawan smp 11 sama smp apagitu lupa, dan itu seru banget! Apalagi sempet ada konflik antara tim kita sama guru smp 11 yang begindang lah pokoknya. Tapi yaa bersyukur banget akhirnya insan rabbany menang dan bisa ngewakilin gugus 6 ke tingkat kota.

Jarak untuk persiapan ke tingkat tangsel cuma seminggu. Yap. Seminggu. Gue gasalah nulis kok tenang aja. BAYANGIN WOY SEMINGGU DOANG MASA. Fine itu lebay banget-_- Gue pas denger kalo kita mesti tanding lagi seminggu kemudian emang sempet tegang sih jujur, udah gitu kan bentrok juga karena minggu depan gue juga ngadepin uts, tapi yaa biarlah dan kita bertiga (gue-syifa-manda) pun latian full seminggu tiap pulang sekolah sama guru agama yang alim dan namanya juga alim yaitu Pak Muslim. Oiya tapi azka denish ahmad belum ditakdiri buat dapet juara 1 ternyata, jadi cuma tim LCC yang ke tingkat Tangsel. Seminggu berlalu, eh ngga deng lebih tepatnya 6 hari kemudian. Di hari Minggu, 6 Oktober 2013 gue pun berangkat dengan ketegangan ke MAN Insan Cendekia.

“Lebay amat yas pake tegang-tegang segala?”


Yaa terserah gue lah kan gue yang nulis, namanya juga pengalaman pertama makanya saat itu tuh gue tegang alias grogi alias nervous gitu lah kalo bahasa elitnya wkwk. Gue dateng jam 9 kalo gasalah dan lombanya baru mulai jam 1 lebih masaa. Ya tau gitu kan gue bawa buku n belajar dulu euuy, but it was okay bcs i had to focus on the competition more than midtest. Rada nyesek juga sih kenapa gue bisa sebego itu gabawa buku pelajaran yg buat uts kesana, jadinya gue cuma maen-maen hape aja sambil nunggu giliran. Tim gue kebagian putaran kedua penyisihannya, kalo gasalah regu B dapetnya. Terus kan giliran kita maju tuh, nah pas perkenalan tuh ada satu hal bego lagi yang gue lakuin, gue lupa nyebut nama sendiri-___- Jadi tuh gue cuma bilang “Ass wr wb, kami regu B perwakilan dari gugus 6 disebelah kanan saya amanda gaiska disebelah kiri saya syifa dinnah, wass wr wb” Ya rabbi hebat amat ya efek tegang bisa bikin suara berubah aneh & lupa perkenalin diri sendiri-_- Yaa tapi setidaknya walaupun gue udah keringet dingin pas jawab pertanyaan tapi alhamdulillah kita lolos ke babak final dengan score tertinggi! Nah pas babak final ternyata salah satu lawan gue tuh dari smp parigi, kalo gasalah sih ya gue pernah lawan itu sekolah di lcc pas gue masih kelas 8 n itu jago sangat sampe-sampe tim gue kalah waktu itu. Gue makin degdeg-an aja. Terus gue-syifa-manda udah bilang sebelom maju final kalo kita emang ga ngarepin harus menang, udah final aja bersyukur banget dan kalo menang alhamdulillah, kalo kalah berarti kita pulang dan belajar uts. Nah abis itu kita maju dan sebelom maju selalu disuruh baca shalawat, gue juga baca doa biar semua dimudahkan. Kita dapet regu C, soal amplop pun abis semua dan saatnya rebutan. Duh waktu mau rebutan gue bener-bener dagdigdug deh sampe gue rasanya kayak gasanggup mencet bel, campur aduk lah. Tapii, ternyata Allah baik banget sama kita, kita bisa ngalahin regu lain dengan selisih score yang gabisa dikejar :D Kita pun pulang dengan puas dan seneng banget, dan hal itu berarti kita bakal maju ke tingkat provinsi se-Banten. Wow, berarti tinggal 2 tingkat lagi deh nih. Itu yang ada di pikiran gue saat itu. Berkat amanda dan syifa gue setelah itu bisa optimis dan ga takut mikirin tentang tuh lomba. Gue pun rasanya siap dan ga grogi kayak pas sebelumnya. Plok plok plok hore for ayas!




-to be continued-

No comments:

Post a Comment