Sunday, May 8, 2011

China Bangun Rumah Sakit Khusus Panda ^_^

I'm very agree with this:


BEIJING - China memulai proyek pembangunan satu pusat unik yang diperuntukkan bagi sekitar 40 panda raksasa. Pusat unik itu berupa rumah sakit khusus panda dengan akomodasi yang nyaman dan perawatan eksklusif. Demikian kata media China dalam laporannya pada Kamis, 5 Mei 2011.
Fasilitas, yang diharapkan selesai pada 2012, mencakup area seluas sekitar 51 hektare di barat daya provinsi Sichuan, China. Proyek rumah sakit khusus panda ini menelan biaya 210 juta yuan (Rp 274 miliar).
Pemerintah Hong Kong akan menyediakan 130 juta yuan untuk proyek tersebut. Sisa dana berasal dari para investor swasta.
Proyek ini memiliki misi untuk menyelamatkan panda raksasa yang hidup liar. Rumah sakit tersebut juga akan menjadi tempat untuk melakukan penelitian tentang pencegahan penyakit serta kontrol terhadap spesies yang terancam punah itu.
"Fasilitas ini tidak hanya akan mengembang-biakkan panda dan perawatan penyakit, tetapi juga mencegah infeksi silang dari panda dan manusia. Karena, kita kadang-kadang harus membawa mereka ke rumah sakit untuk pengobatan manusia," tambah Zhang Hemin, kepala Konservasi China dan Pusat Penelitian Panda Raksasa.
Panda raksasa adalah spesies yang paling terancam punah. Selama 20 tahun terakhir, pakar hewan China telah mengangkat 315 hewan lucu itu dari penangkaran panda. Statistik Administrasi Kehutanan Negara menunjukkan bahwa sekitar 1.600 panda hidup di alam bebas. Sebanyak 300 lainnya tinggal di kebun binatang di seluruh dunia.

So, when Indonesia will make hospital for the rare animals like that?

No comments:

Post a Comment