Saturday, April 16, 2011

10 Tips Saat Akan Tampil

Kalo mau tampil di depan kelas atau di manapun pasti sebagian orang bakalan grogi.. Kalau groginya kebawa sampe ke atas panggung atau ke depan kelas pasti hasilnya bakalan jelek. Ya suaranya gemeteran lah (true story), kecepetan pas bicara (true story), kaki gemeteran lah (true story -___-") , pengen pipis lah, atau yg lainnya...


Kayak aku waktu kls 5 pas mau presentasiin buku pake b.inggris di dpn kelas, eh malah kecepetan kayak dikejar-kejar sama anjing mana kaki gemeteran lagi (untung wktu itu pake rok jd gk keliatan). Trus pernah juga wktu beberapa hari yg lalu pas lg ujian praktek b.inggris kan pidato, awalnya sih pas maju tenang-tenang aja tapi gk tau kenapa pas maju ke depan kelas suara malah gemeteran + aneh, napas ngos"an gitu, n kaki gemeteran.. Padahal intonasi n logat Inggris yg dipelajarin tuh udh bagus n pas bgt...


Nah, sekarang aku mau ngasih tips biar gk gugup kalo mau tampil. Gk 100% bakalan berhasil sih, tapi kalo di coba pasti rasa" gugup, grogi, n lain-lain bakalan berkurang kok..


1. Tips PertamaTarik nafas panjang dalam-dalam sebelum maju tampil. Pasti perasaan jadi lebih tenang...


2. Tips Kedua : Ucapin bismillahirohmanirahim dalem hati n berdoa biar dimudahin. Wajib loh,,


3. Tips Ketiga : Yakin kalo semua bakalan berjalan lancar.


4. Tips Keempat : Jangan nganggep orang lain lebih bagus drpd dirimu. Tunjukin kalo kamu juga bisa. You can do it! Ucapin dalem hati aku bisa, aku pasti bisa. I can do better than them.


5. Tips Kelima : Be yourself. Jangan terpengaruh orang lain yang udah tampil.


6. Tips Keenam : Jangan tegang, bikin suasana sebelum tampil se-comfort mungkin kalo gk mau napas ngos-ngosan n kaki gemeteran kayak blender.


7. Tips Ketujuh : Inget yang lucu-lucu biar muka gk lecek or pucet pas maju tampil.


8. Tips Kedelapan : Minum air putih yang banyak (jangan sampe kembung ya).


9. Tips Kesembilan : Senam mulut A-I-U-E-O biar mulut gk kaku.


10. Tips Terakhir : Cuma 5 huruf, SENYUM. Yeah, keep smile. Tapi jangan senyum-senyum terus nanti dikira udah gila.. Hehee... ;D




Nah, itu tips-tips dariku biar gk gugup. Dicoba ya, semoga bermanfaat! 

No comments:

Post a Comment